PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Sunday, July 7, 2013

Manfaat Tak Terjangka Memiliki Janggut

Memelihara janggut dan misai nampaknya kini sedang menjadi tren di kalangan selebriti terkenal dunia. Mereka antara lain George Clooney dan Ben Affleck, yang tampak semakin tampan dengan dagu ditutupi janggut tebal.

Nak bercukur? tunggu dulu

Meskipun sebahagian besar wanita menyukai wajah pasangannya bersih dan licin, ternyata cukup banyak manfaat memelihara janggut, antara lain melindungi kulit wajah dari sinar matahari.


Menurut penelitian awal yang dilakukan Tim dari University Southern Queensland, disebutkan bahwa lelaki / jejaka yang wajahnya berjanggut dan berkumis mengurangkan dedahan sinar UV sepertiga lebih sedikit dibanding yang wajahnya bersih.

Penelitian itu dilakukan di daerah Outback dengan menghitung paparan sinar matahari pada mannequin,. Penelitian itu menggunakan teknik dosimetrik yang mengukur jumlah radiasi yang diserap pada waktu tertentu.

Secara umum diketahui bahwa janggut lebat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari 90-95 peratus, bergantung kepada kelebatan rambut.

"Rambut memang memiliki perlindungan yang baik terhadap matahari. Ini seperti faktor SPF, makin tebal makin terlindung," kata dr Nick Lowe, ahli dermatologi dari London.

Lowe memberi contoh, penunggang basikal yang botak cenderung mengalami kerosakan kulit kepala akibat sinar matahari, bahkan kanser kulit pada kepalanya.

Teori lain menunjukkan, janggut yang tebal dan keriting juga memecah radiasi ultraviolet. "Cahaya berjalan di garis lurus, tetapi jika rambut keriting, maka gelombang cahaya akan terpecah sehingga lebih sukar mencapai permukaan bawah kulit," kata Sallis, konsultan trichologist.

Mencegah Asma

Sementara itu, jejaka berjanggut cenderung memiliki risiko asma lebih rendah. Hal ini kerana kumis yang mencapai kawasan hidung akan mencegah patogen masuk ke hidung dan seterusnya ke paru-paru.

"Tetapi jika disebabkan oleh debu, ianya tidak boleh dihadang kerana ukurannya mikroskopik," kata dr Rob Hick.

Pendapat lain menyebutkan, janggut yang tumbuh di leher dan dagu juga boleh mencegah seseorang terkena flu karena temperatur di sekitar leher lebih hangat. "Makin hangat kita menjaga suhu tubuh dan banyak minum air, maka makin cepat kita sembuh dari demam / selesema," katanya.

Keuntungan lain dari memelihara janggut adalah menghindari infeksi kulit yang terjadi akibat kulit terluka saat bercukur.

No comments:

Post a Comment

ShareThis

Lagi Info Menarik

.. ..

My Blog List